Header AD

header ads

MEREKAM GAME PAKAI XSPLIT GAMECASTER

Apakah kamu ingin menjadi content creator gaming tapi enggak tahu cara merekam gameplay-mu? Padahal kamu hanya membutuhkan modal desktop atau smartphone kamu, koneksi internet, serta aplikasi perekam game loh.
Nah, pada artikel ini akan membahas cara menggunakan aplikasi perekam game untuk desktop, yaitu XSplit Gamecaster.

Cara Merekam Game dengan Mudah Menggunakan XSplit Gamecaster
Di antara semua software perekam game yang bisa kamu gunakan untuk modal menjadi content creator, XSplit Gamecaster adalah salah satu yang terbaik, pengoperasian XSplit lebih mudah dibandingkan dengan OBS dan Bandicam. Hanya menekan satu tombol, kamu sudah bisa merekam game kamu dengan lancar dan tanpa lag.
Salah satu kelebihan dari XSplit Gamecaster adalah kamu dapat mengedit video rekaman game kamu langsung di software tersebut tanpa perlu menggunakan software pihak ketiga.
Tanpa perlu panjang lebar lagi, berikut cara merekam game dengan mudah menggunakan XSplit Gamecaster. Check it out!

Langkah 1 - Download dan Install Software XSplit Gamecaster
Kamu dapat men-download software XSplit Gamecaster di website atau kamu juga bisa langsung men-download XSplit dari link yang telah disediakan di bawah ini.
Install software XSplit Gamecaster di dekstop kamu dengan mengikuti instruksi.

Langkah 2 - Membuat Akun XSplit Gamecaster
Kalau kamu sudah meng-install XSplit Gamecaster, maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftarkan akun untuk menggunakan software ini.
Kamu bisa daftar dengan akun Twitter, Facebook, bahkan akun Steam.
Masukkan email kamu untuk mendapatkan link aktivasi akun.
Buka link yang ada di email kamu untuk mengaktivasi akun XSplit Gamecaster di desktop-mu.

Langkah 3 - Buka Software XSplit Gamecaster
Klik Continue pada window XSplit untuk tetap menggunakan software XSplit Gamecaster versi gratis. Pada versi gratis, kamu tidak dapat mengakses fitur-fitur premium yang ditawarkan.

Langkah 4 - Mengatur Setelan XSplit Gamecaster
Pilih tab Settings pada menu utama. Pada bagian Devices, pilih alat-alat yang akan kamu gunakan seperti webcam dan microphone untuk merekam.
Pada bagian Game Capture, pilih Record Settings. Record Settings akan di-set Automatic secara default. Kamu bisa mengkustomisasi setelan sesuai keinginan kamu.
Klik pada tulisan Automatic untuk menggantinya menjadi Custom, lalu layar baru akan muncul.

Pilih Resolution untuk mengganti resolusi rekaman sesuai dengan keinginan kamu. Semakin besar resolusi yang kamu pilih, kualitas rekaman juga semakin tinggi. Namun, bandwidth juga menjadi lebih besar dan CPU kamu akan bekerja lebih keras.

Pilih Codec untuk mengatur setelan encoding yang kamu gunakan. Pada setelan default, kamu akan memilih opsi x264 secara otomatis. Kalau kamu menggunakan VGA Card, kamu bisa memilih VGA card kamu untuk melakukan encoding.

Pada setelan Frame Rate, kamu bisa mengatur setelan FPS rekaman yang kamu inginkan. Sayangnya, kamu hanya bisa merekam dengan 60 FPS apabila kamu tidak memiliki lisensi premium XSplit Gamecaster.

Pilih Quality untuk mengatur seberapa tinggi kualitas rekaman yang kamu inginkan. Terdapat 4 opsi kualitas yaitu Standard, High, Very High, dan Ultra High.

Sebagai catatan, kualitas rekaman yang tinggi membutuhkan space yang besar serta VGA card yang terbaik. Kamu nggak akan mendapatkan hasil terbaik apabila hanya menggunakan Codec dengan opsi x264.

Split Files berguna apabila kamu ingin membagi rekaman kamu menjadi beberapa video yang ukurannya lebih kecil. Kamu bisa mengatur ukuran maksimal rekaman yang akan terbagi.

Centang pada kotak Create Multitrack Recording apabila kamu ingin memisahkan rekaman video dan audio. Gunakan opsi ini apabila kamu ingin mengedit rekaman lebih lanjut.

Setelah mengatur setelan sesuai dengan yang kamu inginkan, klik Close untuk kembali ke menu utama.

Langkah 5 - Merekam Game dengan XSplit Gamecaster
Masuk pada game yang ingin kamu rekam.

Ketika sudah masuk ke dalam game, pencet tombol Shift + Tab pada keyboard-mu untuk membuka overlay XSplit Gamecaster.

Klik Record untuk mulai merekam game. Pencet tombol Shift + Tab lagi pada keyboard-mu untuk menghentikan rekaman.

Langkah 6 - Menemukan File Rekaman
Keluar dari game-mu, lalu buka lagi software XSplit Gamecaster.

Pada menu utama, klik pada tab Recordings yang ada di pojok kanan untuk mengakses rekamanmu.

Kamu bisa melihat detail rekamanmu, mulai dari tanggal, durasi, format, ukuran, dan lain-lain.

Kamu juga bisa menamai rekaman tersebut lalu mengunggahnya secara langsung ke YouTube, Twitter, ataupun Facebook.

Langkah 7 - Selesai
Kamu sudah berhasil merekam game dengan menggunakan XSplit Gamecaster.
MEREKAM GAME PAKAI XSPLIT GAMECASTER MEREKAM GAME PAKAI XSPLIT GAMECASTER Reviewed by Abdul Lutfi on Juli 14, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

home ads